Pengalaman Informasi Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro dalam Memanfaatkan Instagram untuk Menentukan Pilihan Perguruan Tinggi

Septiana Arisa Putri, Athanasia Octaviani Puspita Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman informasi mahasiswa baru Universitas Diponegoro dalam memanfaatkan instagram untuk menentukan pilihan perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara semi terstruktur dan observasi. Informan yang ada dalam penelitian ini berjumlah 12 orang mahasiswa baru Universitas Diponegoro yang dipilih mengunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu thematic analysis. Hasil analisis penelitian menunjukkan terdapat empat tema yang terkait dengan pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan media sosial Instagram untuk memilih perguruan tinggi. Tema pertama yaitu motivasi mahasiswa menggunakan media sosial Instagram dalam memilih perguruan tinggi, pada tema ini terdapat berbagai keunggulan pada instagram yang membuat mahasiswa memilih untuk memanfaatkan instagram dalam mencari informasi tentang perguruan tinggi. Tema kedua yaitu aksesibilitas informasi, pada tema ini mahasiswa dapat mengakses informasi mengenai perguruan tinggi yang ada di Instaram dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Tema ketiga yaitu temuan informasi yang berisi banyak informasi bermanfaat tentang perguruan tinggi yang ditemukan oleh mahasiswa sesuai dengan kebutuhannya. Tema keempat yaitu media sosial instagram dalam perspektif mahasiswa baru Universitas Diponegoro sebagai media dalam menentukan pilihan perguruan tinggi. Mahasiswa menilai media sosial khususnya instagram merupakan media yang tepat untuk mencari informasi tentang perguruan tinggi dan media sosial juga turut memberikan sumbangsih pada mereka dalam memilih perguruan tinggi.


Keywords


pengalaman informasi; media sosial; instagram; mahasiswa baru; memilih perguruan tinggi

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.7.2.275-286