Pengalaman Informasi Remaja di Kota Semarang Menggunakan Media Sosial dalam Mengikuti Trend Korean Wave

Latifah Mutia Sari, Yanuar Yoga Prasetyawan

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengalaman informasi remaja penggemar K-Pop di Kota Semarang dalam penggunaan media sosial untuk mengikuti tren Korean Wave. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menyelidiki penggunaan media sosial dalam berinteraksi dengan tren Korean Wave oleh remaja penggemar K-Pop di Kota Semarang. Penelitian ini bersifat deskriptif deskriptif dan metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara secara berani, observasi, dan dokumentasi dalam bentuk chat, voice note (pesan suara), maupun sambungan telepon dengan narasumber. Pengambilan informan penelitian menggunakan teknik non-probabilty sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja penggemar K-Pop di Kota Semarang berperan penting dalam menyebarkan tren Korean Wave, karena informasi tentang tren Korean Wave yang diperoleh akan disebarkan lagi melalui akun media sosial para remaja penggemar K-Pop di Kota Semarang atau melalui komunitas pencinta K-Pop secara online. Aplikasi media sosial yang sering digunakan oleh remaja penggemar K-Pop di Kota Semarang untuk mencari dan bertukar informasi (komunikasi) adalah Instagram, Twitter, Weverse, dan Weibo. Faktor yang mendorong remaja untuk mengikuti tren Korean Wave adalah faktor lingkungan, khususnya lingkungan pertemanan. Bentuk informasi tren Korean Wave yang disukai remaja adalah gambar, video, dan berita. Selain itu tren Korean Wave yang digemari banyak orang penggemar K-Pop di Kota Semarang adalah tren kecantikan, busana, bahasa, musik, dan kuliner.

Keywords


pengalaman informasi; remaja; trend korean wave

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.7.1.110-125