Personal Knowledge Management Kreator Konten Akun Tiktok @buiramira

Nabilla Liza Iftitah, Joko Wasisto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses personal knowledge management kreator konten akun Tiktok @buiramira. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengambilan data dilakukan dengan tiga cara meliputi, observasi, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumen. Proses wawancara menggunakan informan tunggal yaitu kreator Tiktok Ira Mirawati. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan thematic analysis. Hasil thematic analysis menunjukkan terdapat tiga tema besar yaitu personal knowledge kreator Tiktok Ira Mirawati untuk pembuatan konten Tiktok, topik pembahasan konten Tiktok Ira Mirawati, dan personal knowledge management kreator Tiktok Ira Mirawati dalam pembuatan konten Tiktok. Proses personal knowledge management kreator Tiktok Ira Mirawati pada penelitian ini menggunakan teori Harold Jarche yang dikenal dengan istilah 3S yaitu seek, sense, dan share. Dalam pembuatan konten, kreator Tiktok Ira Mirawati menggunaka pengetahuannya yang diperoleh dari pengalaman hidupnya seperti, latar belakang pendidikan dalam menyelesaikan studi, pengalaman dalam membimbing dan menguji mahasiswa skripsi, serta pengalaman sebagai konsultan layanan online sobatmu. Adapun dalam proses personal knowledge management kreator Tiktok Ira Mirawati telah melakukan semua tahapan mulai dari mencari sumber informasi hingga membagikan informasi melalui konten Tiktok ke berbagai media sosial.

Keywords


tiktok account @buiramira; tiktok content; tiktok creator ira mirawati; personal knowledge; personal knowledge management

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.7.3.367-378