Persepsi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Terhadap Pelaksanaan Klasifikasi Koleksi di Perpustakaan SD Negeri Manyaran 01 Semaran

Tri Handayani

Abstract


Persepsi merupakan bagian dari bidang psikologi yang mempelajari tentang proses mental seseorang. Proses mental merupakan proses kemampuan seseorang untuk menerima, mengelola, memberikan respon informasi yang ditangkap oleh alat-alat penginderaan manusia. Proses tersebut dapat dilihat dari gejala kognisi, gejala emosi, gejala konasi. Keahlian seseorang dalam mengklasifikasi koleksi perpustakaan banyak dipengaruhi oleh kemampuan seseorang tersebut dalam mengingat subjek koleksi perpustakaan yang pernah diklasifikasi. Ingatan merupakan bagian dari gejala kognisi. Informan penelitian ini adalah para mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro yang menjadi pendamping dalam kegiatan pendampingan penetapan klasifikasi koleksi perpustakaan di SD Negeri Manyaran 01 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mereka terhadap kegiatan mengklasifikasi koleksi perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, studi dokumen, dan wawancara. Observasi dilakukan selama para informan melaksanakan pendampingan penetapan klasifikasi koleksi perpustakaan. Studi dokumen dilakukan terhadap draft buku inventaris/buku induk koleksi perpustakaan SD Negeri Manyaran 01 Semarang. Wawancara tidak terstruktur dilakukan kepada para informan. Kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka untuk diisi oleh para informan tentang persepsi mereka selama melaksanakan klasifikasi koleksi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi para informan, bahwa mereka harus melatih keahlian klasifikasi koleksi perpustakaan secara berkesinambungan selama beberapa hari hingga mereka mampu mengingat klasifikasi koleksi perpustakaan.


Keywords


ingatan; keahlian; klasifikasi; persepsi; subjek

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.6.4.%p