Peran Pustakawan Sekolah dalam Manajemen Infodemik Covid-19 Siswa SMP Negeri 2 Semarang
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang peran pustakawan sekolah dalam manajemen infodemik Covid-19 siswa SMP Negeri 2 Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dengan empat (4) narasumber dari SMP Negeri 2 Semarang sebagai informan untuk pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan thematic analysis untuk mengidentifikasi pola perilaku informan. Hasil analisis menunjukkan tiga tema terkait peran pustakawan sekolah dalam manajemen infodemik Covid-19 siswa SMP Negeri 2 Semarang. Ketiga tema tersebut adalah pelayanan perpustakaan, pengalaman informasi, dan peran pustakawan dalam manajemen infodemik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan SMP Negeri 2 Semarang sudah melakukan tindakan terkait dengan manajemen infodemik Covid-19 di dalam lingkungan sekolah tersebut yang sejalan dengan pendapat Eysenbach tentang empat pilar manajemen infodemik. Tiga pilar yaitu Pemantauan informasi, Membangun eHealth Literacy dan kapasitas literasi sains, dan Mendorong penyempurnaan pengetahuan dan proses peningkatan kualitas pengecekan fakta dan tinjauan sejawat sudah dilaksanakan oleh pustakawan dengan baik. Namun pilar ke empat yaitu akurat dan tepat waktu dalam penerjemahan pengetahuan, meminimalkan faktor-faktor yang mendistorsi seperti pengaruh politik atau komersial belum terlaksana dengan baik.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.6.3.317-328