Pengaruh Sistem Informasi untuk Webinar dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19

Eka Ferani Dewi Purwanti, Ana Irhandayaningsih

Abstract


Penelitian berjudul “Pengaruh Sistem Informasi untuk Webinar dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19” bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh sistem informasi untuk webinar dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan 5 indikator teori usability oleh Rubin dan Chisnell dan 4 indikator pendekatan kebutuhan informasi oleh Guha. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 505 mahasiswa dengan sampel sebanyak 101 responden yang ditentukan menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang tinggi yaitu sebesar 0,818 antara sistem informasi yang digunakan untuk webinar terhadap kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro. Total nilai efektivitas pengaruh sistem informasi untuk webinar dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro adalah sebesar 75,8% termasuk pada kategori sukses. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil koefisien korelasi Pearson Product-Moment antara variabel sistem informasi untuk webinar dengan variabel kebutuhan informasi. Hasilnya didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kriteria penolakan H0 adalah jika nilai signifikan α < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05.


Keywords


kebutuhan informasi; sistem informasi; usability; webinar.

References


Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta: Andi, 7-19.

Diakses 24 Februari 2022.

Ashari, B. H., Wibawa, B. M., & Persada, S. F. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online Shop di Instagram (Studi Kasus Universitas di Kota Surabaya). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 17–21.

Ati, S., Nurdien, Kistanto, & Taufik, A. (2014). Dasar-Dasar Informasi. Universitas Terbuka, 230. http://repository.ut.ac.id/4042/1/ASIP4204-M1.pdf.

Birawa, F. D. (2013). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Strata Satu (S1) Angkatan 2009 Program Studi Ilmu Psikologi UI dalam Persiapan Penulisan Skripsi.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (diindonesiakan oleh Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

FIP Unimed. (2021). Mahasiswa FIP Antusias Mengikuti Webinar Pelatihan Wirausaha 2021. https://fip.unimed.ac.id/2021/07/mahasiswa-fip-antusias-mengikuti-webinar-pelatihan-wirausaha- 2021/. Diakses 28 Desember 2021.

FPPTI DIY. (2020). Pelantikan Pengurus FPPTI DIY Periode 2019-2022 & FPPTI Peduli Webinar “Tatanan Perpustakaan Perguruan tinggi Dalam Normal Baru”. http://www.fppti- diy.or.id/2020/06/pelantikan-pengurus-fppti-diy-periode.html. Diakses 28 Desember 2021.

Gegenfurtner, A., Zitt, A., & Ebner, C. (2020). Evaluating webinar‐based training: a mixed methods study of trainee reactions toward digital web conferencing. International Journal of Training and Development, 24(1), 5–21. https://doi.org/10.1111/ijtd.12167.

Ghiffari, R. A. (2020). Dampak Populasi Dan Mobilitas Perkotaan Terhadap Penyebaran Pandemi Covid- 19 Di Jakarta. Tunas Geografi, 9(1), 81. https://doi.org/10.24114/tgeo.v9i1.18622.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Vol.100-125.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM. SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gogali, V. A., Tsabit, M., & Syarief, F. (2020). Pemanfaatan Webinar Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Di Masa Pandemi Covid-2019 ( Studi Kasus Webinar BSI Digination " How To Be A Youtuber And An Entrepreneur "). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 182–187.

Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan ( Usability ) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus : Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). Juisi, 02(01), 49–55. https://journal.uc.ac.id/index.php/JUISI/article/view/115.

Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations, 4(4), 1729–1736.

HMPS Ilpus Undip. (2020). Sinau Bareng Literasi Informasi Bersama Dr. Shamila Mahamed Shuhidan dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia. https://ilpus.fib.undip.ac.id/language/id/archives/861. Diakses 28 Desember 2021.

HMPS Ilpus Undip. (2021). Implementasi Database Pada Sistem Perpustakaan Digital. https://ilpus.fib.undip.ac.id/language/id/archives/1066. Diakses 28 Desember 2021.

Humas Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar. (2018). Penelitian Korelasional. https://penalaran-unm.org/penelitian-korelasional/. Diakses 12 April 2022.

ISO 9241-11. (1998).

Istiana, P. (2011). Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan. Visi Pustaka, 13(3), 5–10. John, C., & Sharat, S. (2014). Webinar for Dummies. In Director. John Wiley & Sons, Inc.

Kumar, A., Malhotra, S., Katoch, A., Sarathkar, A., & Manocha, A. (2020). Webinars: An Assistive Tool Used by Higher Education Educators During Covid19 Case Study. International Conference on Computational Intelligence and Communication Networks, 327–332. https://doi.org/10.1109/CICN49253.2020.9242597.

Lande, L. M. (2011). Webinar Best Practices: From Invitation to Evaluation. Unpublished Master Thesis, December, 1–41.

Mahelingga, D. E. I. R. (2021). Webinar Dan Akses Ebook di Masa Pandemi Covid-19. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 5(1), 1–12.

Mahmudi, M. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta: UPP AMP YPKN.

Murad, D. F., Kusniawati, N., & Asyanto, A. (2013). Aplikasi Intelligence Website Untuk Penunjang Laporan Paud Pada Himpaudi Kota Tangerang. CCIT Journal, 7(1), 44–58. https://doi.org/10.33050/ccit.v7i1.168.

Neuman, L. W., & Robson, K. (2012). Basics of Social Research (3rd ed.). Pearson Education.

Nurma, H. (2016). Belajar Mandiri Menggunakan Webinar Untuk Meningkatkan Kompetensi Pustakawan

Di Indonesia. Peranan Jejaring Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pustakawan, 3(1), 33–37.

Perpustakaan Universitas Brawijaya. (2021). Webinar Gale: Gale Online Resources and Digital Humanities. https://lib.ub.ac.id/en/berita/webinar-gale-gale-online-resources-and-digital- humanities/. Diakses 28 Desember 2021.

Perpustakaan Universitas Gunadarma. (2021). Motivasi dan Persepsi Mahasiswa dalam Keikutsertaan Webinar Sebagai Pengembangan Kompetensi Selama Pandemi Covid-19. https://library.gunadarma.ac.id/repository/motivasi-dan-persepsi-mahasiswa-dalam-keikutsertaan- webinar-sebagai-pengembangan-kompetensi-selama-pandemi-covid-19-penelitian.

Prasetyo, Bambang & Lina Miftahul Jannah. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi.

Jakarta: Rajawali Pers.

Prehanto, A., Gelar Guntara, R., & Masum Aprily, N. (2021). Pemanfaatan Webinar Sebagai Alternatif Digitalisasi Informasi dalam Seminar Kurikulum. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1 Mei 2021), 42–48. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/article/view/34356.

Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Fakultas Adab, UIN Raden Intang Lampung. (2020). Webinar “Quo Vadis Prodi Ilmu Perpustakaan Pasca Pandemi Covid-19”. https://ipii.adab.radenintan.ac.id/webinar-quo-vadis-prodi-ilmu-perpustakaan-pasca-pandemi-covid- 19/. Diakses 28 Desember 2021.

Purwanto, A. (2007). Rancangan dan Implementasi Model Pemeriksaaan Kinerja Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas Aplikasi e-Government di Pemerintah Daerah: Studi Kasus Kabupaten Sragen. Yogyakarta.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Grasindo. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.

Rahmat, R. (2013). Statistika Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Rubin, J., & Chisnell, D. (2008). Handbook of Usability Tasting: How to Plan, Design, and Conduct Effective Tests (2nd ed.). Wiley Publishing, Inc.

Sugiyono, S. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulistyo-Basuki. (2004). Pengantar Dokumentasi. Bandung: Rekayasa Sains.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Tawaf, & Alimin, K. (2003). Kebutuhan Informasi Manusia: Sebuah Pendekatan Kepustakaan. 50–59. Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi

Nasional. (2021). Penanganan Covid-19 2021: Kesembuhan Melebihi 4,1 Juta, Kasus Aktif Tersisa 4 ribu dan Vaksin Melampaui 161 Juta orang. https://covid19.go.id/p/berita/penanganan-covid-19- 2021-kesembuhan-melebihi-41-juta-kasus-aktif-tersisa-4-ribu-dan-vaksinasi-melampaui-161-juta- orang.

Tim Muri. (2021). Narasumber Tunggal Webinar Peserta Terbanyak. https://muri.org/Website/Rekor_detail/narasumber_tunggal_webinar_peserta_terbanyak. Diakses 28

Desember 2021.

Tuhuleley, S. (2015). Statistik. Yogyakarta: Komunikasi Konseling Islam.

Usability.gov. (2020). Usability Evaluation Basics. https://www.usability.gov/what-and-why/usability- evaluation.html. Diakses 25 Februari 2022.

Wijayanto, A. (2008). Analisis Korelasi Product Moment Pearson. http://eprints.undip.ac.id/6608/. Diakses 17 Maret 2022.

Wang, S. K., & Hsu, H. Y. (2008). Use of the Webinar Tool (Elluminate) to Support Training: The Effects of Webinar-Learning Implementation from Student-Trainers’ Perspective. Journal of Interactive Online Learning, 7(3), 175–194.

Wirawan, Nata. (2002). Cara Mudah Memahami Statistik 2. Edisi Kedua. Denpasar: Keraras Emas. Yani, D. E. (2017). Pengertian, Tujuan dan Manfaat Seminar (pp. 1–23.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.3.544-563