Kemampuan Literasi Digital Guru SD Negeri Kriwen 01 dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Sufyan Mulana Hastoto, Ana Irhandayaningsih

Abstract


Penelitian ini berjudul "Kemampuan Literasi Digital Guru SD Negeri Kriwen 01 dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi digital yang dimiliki guru SD Negeri Kriwen 01 dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan berpedoman pada kerangka literasi digital berjudul Digital Literacy Framework for Adult Learner yang dikeluarkan oleh Maryland Department of Labor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru SD Negeri Kriwen 01 memanfaatkan media digital sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan peserta didik, bekerja sama dengan pihak lain, dan membuat konten pembelajaran yang bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran daring. Guru SD Negeri Kriwen 01 memanfaatkan mesin pencari informasi digital berupa Google dan YouTube serta media sosial untuk memperoleh informasi dan materi terkait pembelajaran secara digital dengan tetap memperhatikan norma dan etika dalam pencarian informasi di internet seperti menghindari plagiarisme dan hoaks. Tidak semua informasi yang didapatkan dari internet digunakan oleh guru SD Negeri Kriwen 01 sebagai materi pembelajaran, proses identifikasi dan verifikasi kebenaran dari informasi dilakukan terlebih dahulu dengan tujuan untuk mendapatkan informasi yang memiliki kredibilitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Keywords


literasi digital; guru sekolah dasar; pembelajaran daring

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.8.1.15-30