Analisis Keterampilan Desain Grafis Pustakawan pada Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial Instagram Perpustakaan Kemendikbud Republik Indonesia

Annisa Sabriana, Ana Irhandayaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pustakawan yang perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung perpustakaan untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi di masa mendatang. Keterampilan desain grafis mendukung pustakawan dalam mengemas informasi kedalam bentuk yang menarik dan kreatif serta disajikan melalui berbagai media sosial sebagai bahan promosi perpustakaan. Akun Instagram Perpustakaan Kemendikbud RI merupakan media sosial terpopuler dengan followers sejumlah 43.300. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan desain grafis pustakawan pada promosi perpustakaan melalui media sosial Instagram Perpustakaan Kemendikbud RI. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pustakawan Perpustakaan Kemendikbud RI belum memiliki latar belakang keterampilan desain grafis secara mendalam. Namun, beberapa kemampuan pustakawan dalam desain grafis, diantaranya penggunaan software desain, kemampuan komunikasi, kemampuan beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi, dan jiwa kreatif. Kemampuan desain grafis membantu dalam melakukan kompetensi Pustakawan Perpustakaan Kemendikbud. Perpustakaan Kemendikbud RI melakukan promosi dengan mengunggah konten melalui akun Instagram setiap hari. Promosi  memanfaatkan fitur-fitur Instagram, seperti feed, story, reels, video, highlight, dan hashtag.

Keywords


keterampilan desain grafis; promosi perpustakaan; pustakawan; instagram

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.7.4.697-712