Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap Kemampuan Literasi Informasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap kemampuan literasi informasi. Teori yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi informasi adalah standar literasi informasi ACRL. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis deskriptif dengan path analysis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2018 dengan sampel sebesar 90 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengaruh berdasarkan indikator menentukan sifat dan cakupan informasi yang dibutuhkan memperoleh mean tertinggi sebesar 4,22 dan dalam kategori sangat berpengaruh, indikator mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien memperoleh mean tertinggi sebesar 4,07 dan dalam kategori berpengaruh, indikator memberikan evaluasi terhadap informasi dan sumber-sumbernya secara kritis memperoleh mean tertinggi sebesar 4,23 dan dalam kategori sangat berpengaruh, indikator menggunakan informasi untuk menyelesaikan tujuan tertentu memperoleh mean tertinggi sebesar 4,02 dan dalam kategori berpengaruh, indikator mengetahui aspek ekonomi, hukum, dan sosial yang bersangkutan dengan penggunaan informasi memperoleh mean tertinggi sebesar 4,21 dan dalam kategori sangat berpengaruh. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa indeks prestasi kumulatif mahasiswa memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi informasi.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.6.4.465-478