Peran Blended Librarian dalam Produksi Infografis di Institut Pertanian STIPER Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran blended librarian dalam produksi infografis guna mendukung dosen menciptakan media pembelajaran berbasis infografis di INSTIPER Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan blended librarian memiliki peran dalam produksi infografis bersama dosen untuk pembelajaran dengan menawarkan layanan pengembangan media pembelajaran menggunakan infografis. Ada beberapa tahapan yang dilakukan blended librarian dalam memproduksi infografis yaitu, 1. Menganalisis dan mempersiapkan data; 2. Memilih alat yang sesuai; 3. Menentukan motif utama; 4. Menentukan bentuk penyajian data; 5. Pengembangan konten yang sesuai dengan tema infografis; 6. Menentukan urutan penyajian data; 7. Finalisasi. Produk infografis yang dihasilkan selain digunakan untuk membantu dosen sebagai media tambahan pembelajaran, juga mampu memiliki berbagai fungsi seperti konten sosial media dan media promosi.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.6.2.107-116