Motivasi @Klubbukunarasi dalam Melakukan Knowledge Sharing Sebagai Upaya Promosi Gerakan Membaca Buku Melalui Instagram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi knowledge sharing @klubbukunarasi dalam upaya promosi gerakan membaca buku di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan tiga metode yaitu, wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif pasif, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah executive producer Narasi tv yang merupakan founder dari akun Instagram @klubbukunarasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong @klubbukunarasi untuk mempromosikan gerakan membaca berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi adalah keinginan untuk mendapatkan pengakuan bahwa akun Instagram @klubbukunarasi berhasil mengedukasi gerakan membaca buku, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhinya adalah peran lingkungan kerja yang sangat mendukung dan pengaruh supervisi yang baik. Faktor organisasi berupa budaya organisasi, faktor individu berupa ekspektasi individu dan sikap individu, serta faktor teknologi yang merupakan motivasi yang melandasi akun Instagram @klubbukunarasi untuk melakukan knowledge sharing tentang gerakan membaca buku di Instagram.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.6.1.83-98