Pemanfaatan Koleksi Buku Braille Sebagai Sumber Informasi Siswa Penyandang Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana pemanfaatan koleksi buku Braille sebagai sumber informasi siswa penyandang tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling. Terdapat 5 informan yang terdiri dari 3 siswa penyandang tunanetra, 1 guru siswa penyandang tunanetra, dan 1 pustakawan. Analisis data yang digunakan adalah data reduction, display data, conclusion drawing / verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi buku Braille menjadi sumber informasi yang dimanfaatkan oleh siswa penyandang tunanetra, koleksi yang tersedia di perpustakaan meliputi koleksi Al-Qur’an Braille, majalah Braille, buku pelajaran (IPA, IPS, dan Bahasa Indonesia), buku cerita (Fiksi dan Fabel). Koleksi buku Braille yang sering dibaca siswa penyandang tunanetra yaitu koleksi buku cerita atau dongeng seperti fabel & fiksi. Kebutuhan informasi siswa penyandang tunanetra lebih ke informasi mengenai cerita atau dongeng seperti fabel dan fiksi. Pustakawan dan guru memiliki peran penting dalam proses pemanfaatan koleksi buku Braille. Adapun kendala yang dialami siswa penyandang tunanetra dalam memanfaatkan koleksi buku Braille diantaranya yaitu kesulitan dalam mengambil dan mengembalikan buku, kesulitan dalam membaca buku Braille, serta masih terdapat koleksi yang belum tersedia di perpustakaan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Semarang
Keywords
koleksi buku braille, siswa tunanetra, perpustakaan sekolah
DOI: 10.14710/jekk.v%vi%i.13339