Peningkatan Visibilitas Buku Ilmiah Elektronik Memanfaatkan Aplikasi Google

Dhevi Enlivena Irene Restia Mahelingga

Abstract


Penelitian ini mengkaji bagaimana hubungan antara peningkatan minat pada suatu topik dengan peningkatan klik halaman situs web buku ilmiah elektronik. Tujuan dari kajian ini adalah agar dapat diketahui faktor yang memengaruhi peningkatan klik halaman situs web buku elektronik sehingga dapat menjadi saran strategi promosi buku ilmiah elektronik, terutama kaitannya dalam mendukung visibilitasnya di internet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara popularitas topik di Twitter dengan peningkatan jumlah pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari Google. Hasil kueri yang didapatkan dari beberapa sampel halaman situs web lipipress.lipi.go.id pada Google Search Console didapatkan bahwa kueri yang digunakan dalam pencarian yang tertinggi adalah terkait definisi. Pencarian terkait definisi bisa meningkat karena istilah kurang familier menimbulkan keinginan bagi warganet untuk mencari tahu definisi terutama dari sumber yang relevan seperti karya tulis ilmiah berbentuk buku elektronik. Saran yang bisa dilakukan dalam mendukung visibilitas halaman buku ilmiah elektronik di mesin pencari Google, yakni (1) menggunakan kata kunci berupa istilah yang kurang familier yang berpotensi menjadi kueri pencarian dalam penyusunan blurb; (2) mengakses Google Trends untuk mengetahui susunan kueri terkait kata kunci yang sering dicari oleh pengguna internet untuk digunakan dalam blurb; dan (3) menggunakan uraian definisi kata kunci tersebut di dalam blurb.

Keywords


visibilitas; buku ilmiah elektronik; Google; kueri; blurb

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/jekk.v%vi%i.13204