Peran Buku Induk sebagai Sumber Informasi Aset Koleksi Pustaka: Studi Kasus pada Perpustakaan SD Negeri Manyaran 01 Semarang

Tri Handayani

Abstract


Peran dalam konteks bahasa memiliki arti menjadi sesuatu. Peran dalam konteks paper ini adalah keberadaan Buku Induk memiliki pengaruh terhadap akurasi informasi tentang aset koleksi buku yang dimiliki suatu perpustakaan. Buku Induk merupakan catatan tentang koleksi perpustakaan pada awal koleksi tersebut diterima oleh perpustakaan. Dengan demikian kita dapat mengetahui jumlah koleksi yang dimiliki perpustakaan melalui Buku Induk. Metode observasi, wawancara, penggunaan dokumen pemerintah, serta partisipasi dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan Ilmu Perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa data jumlah koleksi buku yang disampaikan oleh pengelola perpustakaan berbeda dengan data jumlah koleksi buku setelah penelitian dilakukan. Keberhasilan penelitian terjadi karena sikap terbuka Kepala Sekolah dan pengelola perpustakaan, koleksi perpustakaan terlokalisir di perpustakaan, dukungan dari para asisten peneliti pengolah data koleksi pustaka. Penelitian ini perlu ditindaklanjuti hingga manajemen perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Manyaran 01 Semarang benar-benar terlaksana sebagaimana seharusnya.


Keywords


koleksi; sekolah dasar; informasi; kajian budaya; ilmu perpustakaan dan informasi

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/jekk.v%vi%i.13052