Proses Transfer Pengetahuan pada Perkuliahan Mahasiswa Asing Universitas Diponegoro
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentikasi bagaimana proses transfer pengetahuan pada kegiatan perkuliahan mahasiswa asing di Universitas Diponegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dengan teknik ini informan yang didapatkan sebanyak 9 orang yang terdiri dari 5 mahasiswa asing dari berbagai jurusan, dosen, dan kepala pengelola urusan internasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur observasi dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pengetahuan terjadi dalam 4 tahapan atau proses. Pertama-tama adalah proses sosialization yang di dalamnya berkaitan dengan proses persiapan dan proses pengajaran baik dari segi dosen maupun mahasiswa asing. Kedua, proses externalization yaitu mahasiswa asing mengartikulasikan pengetahuan yang didapatkan baik dengan cara yang manual ataupun terautomasi. Selanjutnya combination yaitu menjadikan pengetahuan menjadi satu kesatuan yang utuh melalui diskusi dengan dosen ataupun sesama mahasiswa. Terakhir proses internalization dapat dilakukan secara terstruktur melalui tugas, ujian tengah semester dan ujian tengah semester dan dapat dilakukan secara personal melalui pembuktian. Tidak hanya itu, dalam proses transfer pengetahuan terdapat beberpa kendala yang dialami seperti kendala bahasa, budaya dan kendala system dalam jaringan.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.5.4.515-526