Pengelolaan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang

Wahyu Diva Sastradiredja, Joko Wasisto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dengan menggunakan informan melalui purposive sampling, observasi partisipatif moderat, dan studi dokumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengelolaan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dilaksanakan oleh dua bidang: pelayanan dan pencatatan sipil, serta pelayanan dan pendaftaran penduduk. Pengelolaan dokumen kependudukan di bidang pelayanan dan pencatatan sipil mencakup penciptaan dan pelayanan, penataan, pemilahan, penyimpanan, alih media, pemeliharaan, dan penyusutan. Kemudian pengelolaan dokumen kependudukan di bidang pelayanan dan pendaftaran penduduk mencakup penciptaan dan pelayanan, penataan, penyimpanan, pemeliharaan, dan penyusutan. Temuan yang didapat dari lapangan adalah pengelolaan dokumen kependudukan sebagian besar sudah sesuai dengan permendagri nomor 19 tahun 2012. Hal yang belum sesuai dengan permendagri nomor 19 tahun 2012 di bidang pelayanan dan pencatatan sipil terletak pada kegiatan pemilahan, dan penyusutan. Pada bidang pelayanan dan pendaftaran penduduk terletak pada kegiatan alih media.


Keywords


pengelolaan dokumen kependudukan; dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota semarang

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.5.2.353-364