Perilaku Manajemen Informasi Personal Dokumen Digital Perkuliahan pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro

Yeri Rutania, Roro Isyawati Permata Ganggi

Abstract


Penelitian ini tentang studi eksploratif manajemen dokumen digital pribadi perkuliahan pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola informan dalam manajemen dokumen digital perkuliahan dari cara serta tantangan yang dihadapi dalam merawat dokumennya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan teknik triangulasi yaitu menggabungkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Thematic Analysis. Hasil penelitian ditemukan tiga tema meliputi pilihan penyimpanan dokumen digital perkuliahan mahasiswa, manajemen dokumen digital perkuliahan mahasiswa, dan pola manajemen dokumen digital perkuliahan mahasiswa. Pilihan penyimpanan dokumen digital perkuliahan secara offline paling banyak disimpan dalam harddisk laptop karena nyaman, aman, dan memiliki ruang penyimpanan yang besar. Tempat penyimpanan secara online dipilih oleh informan karena memberikan kenyamanan seperti dapat diakses kapanpun dan dimanapun, serta memberikan space untuk dokumen baru di tempat penyimpanan secara offline. Informan melakukan manajemen dokumen perkuliahan dari organisasi, retrieval (pengambilan), dan pemeliharaan yang juga dihadapi dengan tantangan. Pola manajemen dokumen digital perkuliahan mahasiswa terdiri dari tiga yaitu pola tidak terstruktur, agak terstruktur, dan sangat terstruktur. Diantara ketiga tersebut, pola agak terstruktur merupakan pola yang paling banyak digunakan karena informan cenderung menyimpan dokumen perkuliahan tidak terlalu banyak sehingga mereka mengelompokkan kedalam beberapa folder saja dan tidak begitu spesifik.


Keywords


dokumen digital; manajemen dokumen; dokumen perkuliahan; pola manajemen dokumen

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.5.2.199-212