Manajemen Pengetahuan dan Perpustakaan: Analisis Tematik di Google Scholar

Rizki Nurislaminingsih, Sukaesih Sukaesih, Yunus Winoto

Abstract


Manajemen pengetahuan merupakan aktivitas mengelola pengetahuan yang ada di diri individu dan institusi. Manajemen pengetahuan berguna untuk meningkatkan kinerja pegawai yang akan berdampak pada peningkatan performa lembaga. Kegiatan ini merupakan hal penting yang harus ada di suatu instansi, termasuk perpustakaan. Konsep ini juga harus dikuasai oleh peneliti yang notabene merupakan produsen tulisan ilmiah. Berdasarkan pengalaman peneliti, jumlah tulisan ilmiah dengan tema tersebut masih sulit untuk ditemui. Sebagian besar tulisan dengan tema ini terdapat pada jurnal internasional yang berbayar. Namun demikian, free access artikel dapat dilakukan pada google scholar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kaitan manajemen pengetahuan dan perpustakaan dan siapa saja peneliti yang telah menulis artikel dengan tema ini. Penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis tematik dengan aplikasi VosViewer digunakan untuk mengetahui keterkaitan konsep manajemen pengetahuan dengan perpustakaan. Peneliti mengetikkan kata kunci “manajemen pengetahuan perpustakaan” pada google scholar. Penggunaan Bahasa Indonesia pada kata kunci bertujuan untuk memetakan hasil penelitian dari penulis dalam negeri yang berbahasa Indonesia. Batasan pada penelitian ini terletak pada pemilihan artikel dari sumber jurnal dengan waktu terbit 2011-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan di perpustakaan berkaitan dengan layanan. Penelitian tentang manajemen pengetahuan di perpustakaan pada rentang 10 tahun terakhir dimulai sejak tahun 2016 oleh Prabowo hingga tahun 2020 oleh Nurislaminingsih (dengan co-author Purnamayanti) dan Adelia. Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan manajemen pengetahuan berguna untuk meningkatkan layanan di perpustakaan dan produktivitas kinerja pustakawan saat memberikan layanan. Peneliti yang mengkaji tema ini sejak 2016 - 2020 sebanyak 15 orang.


Keywords


Manajemen pengetahuan; perpustakaan; google scholar; analisis tematik

References


Alhojailan, M. I. (2012) ‘Thematic Analysis: a critical review of its process And evaluation’, West East Journal of Social Sciences, 1(1), pp. 39–47. Available at: https://fac.ksu.edu.sa/sites/default/files/ta_thematic_analysis_dr_mohammed_alhojailan.pdf.

Castleberry, A. and Nolen, A. (2018) ‘Thematic analysis of qualitative research data : is it as easy as it sounds ?’, Currents in Pharmacy Teaching and Learning. Elsevier, (March), pp. 0–1. doi: 10.1016/j.cptl.2018.03.019.

Freeburg, D. (2018) ‘The knowledge lens : equipping information professionals to spark innovation within organizations and society’, Journal of Education for Library and Information Science, 59(4). doi: 10.3138/jelis.59.4.2018-0024.

Harper, R. (2013) ‘Knowledge management through the lens of library and information science : a study of job advertisements’, LIBRARY TRENDS, 61(3), pp. 703–734. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/18618872.pdf.

Jantz, R. (2001) ‘Knowledge management in academic libraries : special tools and processes to support information professionals’, Reference Services Review. doi: https://doi.org/10.1108/00907320110366778.

Javadi, M. and Zarea, K. (2016) ‘Understanding thematic analysis and its pitfall’, Journal of Client Care, 1(1), pp. 34–40. doi: 10.15412/J.JCC.02010107.

Kumar, S. A. (2010) ‘Knowledge management and new generation of libraries information services : a concepts’, International Journal of Library and Information Science, 1(2), pp. 24–30. Available at: https://academicjournals.org/article/article1379411666_Kumar.pdf.

Kumaresan, S. C. and Swrooprani, B. S. (2013) ‘Knowledge sharing and factors infuencing sharing in libraries — a pilot study on the knowledge sharing attributes of the education city library community in qatar’, Journal of Information & Knowledge Management, 12(1), pp. 1–13. doi: 10.1142/S021964921350007X.

Nazim, M. and Mukherjee, B. (2016) Knowledge management in libraries. Kidlington: Chandos Publishing.

Roknuzzaman, M. and Umemoto, K. (2009) ‘Knowledge management education in library and information science schools : an exploratory study science schools: an exploratory study’, in Asia-Pacific Conference on Library & Information Education & Practice, pp. 27–37.

Wijetunge, P. (2012) ‘Organizational storytelling as a method of tacit- knowledge transfer : case study from a sri lankan university’, International Information & Library Review. Elsevier Ltd, 44(4), pp. 212–223. doi: 10.1016/j.iilr.2012.09.001.

Zins, C. (2006) ‘Redefining information science : from “ information science ” to “ knowledge science ”’, Journal of Documentation, 62(4), pp. 447–461. doi: 10.1108/00220410610673846.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.5.1.63-74