BibTex Citation Data :
@article{Agrisocionomics2331, author = {Muhammad Asadullah and Sriroso Satmoko and Dyah Mardiningsih}, title = {EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN PETANI TERHADAP BUDIDAYA EDAMAME DI KELOMPOK TANI “SEDERHANA”, KELURAHAN BANDUNGAN, KABUPATEN SEMARANG}, journal = {Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian}, volume = {2}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media video sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan petani sayuran tentang budidaya edamame. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 November - 20 desember. Dua puluh petani anggota kelompok tani Sederhana dipilih sebagai responden. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan model one group pretest-postest experimental research , yaitu dengan membandingkan mengetahuan petani tentang budidaya Edamame sebelum dan sesudah penayangan video dengan metode uji Paired Sample t-Test . Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video efektif secara signifikan meningkatkan tingkat pengetahuan petani tentang budidaya edamame dengan niilai signifikansi uji Paired Sample t-Test sebesar 0,000. Berdasarkan rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah penayangan video didapat peningkatan nilai tes sebesar 54,95%. Kata kunci: Edamame; Efektivitas Media; Kelompok Tani; Video }, issn = {2621-9778}, pages = {94--100} doi = {10.14710/agrisocionomics.v2i2.2331}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/agrisocionomics/article/view/2331} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media video sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan petani sayuran tentang budidaya edamame. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 November - 20 desember. Dua puluh petani anggota kelompok tani Sederhana dipilih sebagai responden. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan model one group pretest-postest experimental research, yaitu dengan membandingkan mengetahuan petani tentang budidaya Edamame sebelum dan sesudah penayangan video dengan metode uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video efektif secara signifikan meningkatkan tingkat pengetahuan petani tentang budidaya edamame dengan niilai signifikansi uji Paired Sample t-Test sebesar 0,000. Berdasarkan rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah penayangan video didapat peningkatan nilai tes sebesar 54,95%.
Kata kunci: Edamame; Efektivitas Media; Kelompok Tani; Video
Article Metrics:
Last update:
Starting from 2021, the author(s) whose article is published in the Agrisocionomics journal attain the copyright for their article. By submitting the manuscript to Agrisocionomics, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
If the article was prepared jointly by more than one author, each author submitting the manuscript warrants that they have been given permission by all co-authors to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf, and agree to notify the co-authors of the terms of this policy. Agrisocionomics will not be held responsible for anything that may arise because of the writer's internal dispute. Agrisocionomics will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that once published, their articles (and any additional files, including data sets, and analysis/computation data) will become publicly available. The license of published articles (and additional data) will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently featured on the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Agrisocionomics allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and Agrisocionomics to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.
View My Stats