skip to main content

Campur Kode dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Pasar Sendangmulyo Semarang (Kajian Sosiolinguistik)

1Department of Indonesian Literature, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. A. Suroyo, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50275., Indonesia

2Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 28 Jun 2023; Published: 31 Oct 2023.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk jenis yang terdapat di Pasar Sendangmulyo Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data penelitian yang digunakan berupa data primer dari penggalan tuturan atau bagian tuturan lisan dari percakapan antara penjual dan pembeli di Pasar Sendangmulyo Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis campur kode dalam interaksi penjual dan pembeli di Pasar Sendangmulyo Semarang terdiri atas tiga jenis campur kode yaitu campur kode ke dalam, campur kode ke luar, dan campur kode campuran. (2) Bentuk campur kode dalam interaksi penjual dan pembeli di Pasar Sendangmulyo Semarang yang ditemukan yaitu (1) Campur kode berwujud penyisipan kata; (2) campur kode berwujud penyisipan frasa; (3) campur kode berwujud penyisipan pengulangan kata; (4) campur kode berwujud penyisipan idiom.

Kata Kunci: Bentuk, Jenis, Campur Kode, Sosiolinguistik, Pasar.

Fulltext View|Download
Keywords: Bentuk, Jenis, Campur Kode, Sosiolinguistik, pasar

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.