skip to main content

Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Cerpen Kabut di Teras Senja Karya Sutini

1Fakultas Ilmu Budaya, Jl.Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

2Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 20 Jan 2023; Revised: 4 Mar 2023; Accepted: 31 Mar 2023; Available online: 30 Apr 2023; Published: 29 May 2023.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai perjuangan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Kabut di Teras Senja karya Sutini. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa kajian pustaka, teknikanalisis data yang terdiri tiga tahap yaitu reduksi data,sajian data, kesimpulan dan sumber data penelitian yang menggunakan kumpulan cerpen Kabut di Teras Senja karya Sutini. Hasil penelitian ini mengungkapkan unsur struktur fiksi selalu berkaitan dengan tokoh, penokohan, latar, alur, sudut pandang dan amanat. Latar cerpen Kabut di Teras Senja terbagi menjadi dua bagian yaitu latar netral dan latar tipikal. Kedua latar ini terdapat pada cerpen ‘’ Kabut di Teras senja’’, ‘’Bukan sepatu cindrella’’, ‘’Korban Bucin’’, ‘’Arisan Jodoh’’, dan ‘’Bersahabat Ombak’’. Hubungan antar unsur struktur fiksi ttersebut menghasilkan pesan moral tertenu. Pesan moral yang ingin disampaikan kepada pembaca yaitu pesan moral berupa nilai perjuangan. Nilai perjuangan tersebut adalah pantang menyerah, sabar, bekerja sama, dan rela berkorban.

Fulltext View|Download
Keywords: Cerpen, nilai moral, dan nilai perjuangan

Article Metrics:

  1. Adisusilo, Sutarjo. (2013). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajagrafindo Persada
  2. Akhiriani, W. (2016). ‘’Analisis Struktur dan Nilai Moral Novel Pulang karya Tere Live’’ (Skripsi Sarjana)
  3. Firwan, M. (2017). ‘’Nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah karya Akmal Nasrey Basral. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), 49-60
  4. F.H. Ahmad Aziz. (2019). ‘’Aspek Moral Cerpen Bola Mata karya Mahfud Ikhwan Tinjauan Sosiologi Sastra (Skripsi sarjana, Universitas Diponegoro)
  5. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitafi, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta
  6. Waluyo, J. Herman. 2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS press
  7. Yulianti, W. (2022). ‘’Nilai perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Bukan Buku Nikah karya Ria Ricis Kajian Ekspresif Sastra’’ (Sarjana Skripsi, STKIP PGRI PACITAN)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.