PENGARUH EUGENOL TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN KELULUSHIDUPAN BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy, Lac.) SELAMA DAN SETELAH PERIODE TRANSPORTASI SISTEM TERTUTUP

Arika Midihatama, Subandiyono Subandiyono, Alfabetian Herjuno Condro Haditomo

Abstract

Masalah yang sering dihadapi dalam transportasi ikan gurami adalah rendahnya tingkat kelulushidupan.  Penambahan eugenol diharapkan mampu menekan laju metabolisme, sehingga kematian dapat diminimalkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kadar glukosa darah dan kelulushidupan gurami selama proses transportasi sistem tertutup.  Metode penelitian ini adalah metode eksperimental rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan masing-masing perlakuan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan pada media transportasi dengan eugenol 0.000, 0.002, 0.004, dan 0.006 ml/L, masing-masing untuk perlakuan A, B, C, dan D.  Data yang diambil ada 2, yaitu periode transportasi dan pemeliharaan, yang dilakukan selama 10 hari.  Variabel yang diukur saat transportasi adalah kadar glukosa darah, dan kelulushidupan (SR). Variabel yang diukur saat pemeliharaan adalah SR.  Parameter kualitas air yang diamati adalah suhu, oksigen terlarut (DO), tingkat keasaman (pH), dan amonia (NH3).  Hasil penelitian dianalisis dengan  ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan masing-masing dengan selang kepercayaan 95%.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, konsentrasi maksimal eugenol yang dapat digunakan untuk transportasi adalah 0,002 ml/L.

Full Text:

PDF

References

Abid, M.S., Endang D.M., dan Prayogo. 2014. Potensi Senyawa Metabolit Sekunder Infusum Daun Durian (Durio zibethinus) terhadap Kelulushidupanikan Nila (Oreochromis niloticu) pada Transportasi Ikan Hidup Sistem Kering. J. Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 6(1): 93-99.

Dayat, M. dan Sitanggang. 2004. Budi Daya Koi Blitar. Penerbit PT Agro Media Pustaka. Depok. Hal: 63-68.

Ghozali, M.F.R. 2007. Pengaruh Penambahan Zeolit dan Karbon Aktif terhadapTingkat Kelangsungan Hidup Ikan Maanvis (Pterophyllum scalare) pada Pengangkutan Sistem Tertutup. Skripsi. IPB. Bogor.

Ghufran, M., H. Kordi, A.B. Tancung. 2007. Pengelolaan Kualitas Air dalam Budidaya Perairan. Rineka Cipta. Jakarta.

Hu, H. 2001. Mechanisms of Anesthetic Action: Oxygen Pathway Perturbation Hypothesis. Departement of Pathology The Mount Sinai Medical Centre. New York. 17 p.

Ilhami, R., M. Ali, dan B. Putri. 2015. Transportasi Basah Benih Nila (Oreochromis niloticus) menggunakan Ekstrak Bunga Kamboja (Plumeria acuminata). J. Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan. 3(2): 389-396.

Lumanauw, I.F., H.F. Tambajong, dan B.I. Kambey. 2016. Perbandingan Kadar Gula Darah Pasca Pembedahan dengan Anestesia Umum dan Anestesia Spinal. Jurnal e-Clinic (eCl). 4(2).

Nirmala, K. dan Rasmawan. 2010. Kinerja Pertumbuhan Ikan Gurami (Osphronemus goramy Lac.) yang ipelihara pada Media Bersalinitas dengan Paparan Medan Listrik. Jurnal Akuakultur Indonesia. 9(1):46–55.

Oktavianto, D., U. Susilo, dan S. Priyanto. 2014. Respon Aktivitas Amilase dan Protease Ikan Gurami Osphronemus gouramy Lac. terhadap Perbedaan Temperatur Air. Scripta Biologica. 1(4): 14-18.

Rachmawati, F.N., U. Susilo, dan Y. Sistiana. 2010. Respon Fisiologi Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Distimulasi dengan Daur Pemuasaan dan Pemberian Pakan Kembali. Semnas Biologi, Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Rahardjo, M.F., Sjafei D.S., Affandi R., dan Sulistiono. 2011. Ikhtiologi. Jakarta: Lubuk Agung

Riesma, B.A., H. Hasan, dan E.I. Rahardjo. 2014. Pengaruh Konsentrasi Minyak Cengkeh (Eugenia aromatica) terhadap Kelangsungan Hidup Benih Ikan Patin Siam (Pangasianodon hypophthalmus) dalam Transportasi Sistem Tertutup.

Rindanto dan W. Istanto. 2013. Pengaruh Morfin dan Klonidin pada Bupivakain Dosis Rendah pada Anestesi Spinal untuk Bedah Sesar Ditinjau dari Perubahan Hemodinamik dan Kadar Glukosa Darah. Medica Hospitalia. 2(2): 6-13.

Septiarusli, I.E., K. Haetami, Y. Mulyani, dan Danar D. 2012. Petensi Senyawa Metabolit Sekunder dari Ekstrak Bji Buah Keben (Barringtonia asiatica) dalam Proses Anestesi Ikan Kerapu Macan (Ephinephelus fuscoguttatus). Jurnal Perikanan dan Kelautan. 3(3): 295-299.

Setiawati, M., R. Sutajaya, dan M.A. Suprayudi. 2008. Pengaruh Perbedaan Kadar Protein dan Rasio Energi Protein Pakan terhadap Kinerja Pertumbuhan Fingerling Ikan Mas (Cyprinus carpio). J. Akuakultur Indonesia. 7(2): 171-178.

Sumahiradewi, L.G. 2014. Pengaruh Konsentrasi Minyak Cengkeh (Eugenia aromatica) terhadap Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis sp.) Pada Proses Transportasi. Media Bina Ilmiah. 8(1): 42-45.

Syamdidi, D. Ikasari, dan S. Wibowo. 2006. Studi Sifat Fisiologi Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) pada Suhu Rendah untuk Pengembangan Teknologi Transportasi Ikan Hidup. J. Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan. 1(1): 75-83.

Towaha, J. 2012. Manfaat Eugenol Cengkeh dalam Berbagai Industri di Indonesia. Perspektif. 11(2): 79-90.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.