Peningkatan Efisiensi Produksi dan Omzet Penjualan UMKM Batik Melalui Pemanfaatan Sistem Informasi E-Commerce UMKM Batik Marenggo Natural Dyes

*Naniek Utami Handayani -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Diana Puspita Sari -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Yusuf Widharto -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Fauzan Marantama Raharjo -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 24 May 2019; Published: 3 Jun 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 89 95

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan UMKM Batik Marenggo Natural Dyes. Lokasi mitra berada di Dusun Karongan Rt/Rw 06/12 Desa Jogotirto Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. UMKM Marenggo Natural Dyes Batik adalah sebuah UMKM yang memproduksi kain batik dan kain tritik. Kain batik yang diproduksi oleh UMKM Batik Marenggo Natural Dyes Batik menggunakan pewarna alam. Dengan harga jual dan nilai seni yang tinggi yang terdapat pada kain batik membuat produk dari UMKM Marenggo ini diminati oleh segmen menengah ke atas dan mancanegara. Dengan pemasaran yang hanya dilakukan lewat pameran-pameran saja membuat produk dari UMKM Marenggo ini kurang terekspos. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi manajemen pemasaran yang dapat menangani masalah-masalah tersebut, pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini system yang dipilih berbasis E-Commerce. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini selain memberikan pendampingan tentang penggunaan E-Commerce bagi UMKM juga tidak lupa melaksanakan perancangan E-Commerce yang sesuai dengan kebutuhan UMKM. Hasilnya sekarang UMKM Batik Marenggo Dyes telah memiliki sistem E-Commerce dengan memanfaatkan website yang telah dipunyai sebelumnya.

Article Metrics:

  1. Bentley, L. D., & Whitten, J. L. (2007). Systems Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition. New York: McGraw-Hill
  2. Chaffey, D. (2009). E-Businessand E-Commerce Management (4th ed.). Essex: Pearson Education.
  3. Kosasi, S. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (SNASTIA), 110-119.
  4. Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences Volume 195, 142-150.
  5. Suyanto, M. (2003). E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi