skip to main content

EKSPLORASI BIODIVERSITAS LOKAL KALIMANTAN BARAT DAN PENGENALAN PLATFORM BIOLOGI DI SMAN 1 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

*Muftiah Yasi Dwi Wahyuni  -  Program Studi Biologi, Fakultas IPA dan Kelautan, Universitas OSO, Jl. Untung Suropati No. 99, Pontianak, Indonesia, Indonesia
Adityo Raynaldo  -  Program Studi Biologi, Fakultas IPA dan Kelautan, Universitas OSO, Jl. Untung Suropati No. 99, Pontianak, Indonesia, Indonesia
Etha Marista  -  Program Studi Biologi, Fakultas IPA dan Kelautan, Universitas OSO, Jl. Untung Suropati No. 99, Pontianak, Indonesia, Indonesia
Elpe Bibas  -  Program Studi Biologi, Fakultas IPA dan Kelautan, Universitas OSO, Jl. Untung Suropati No. 99, Pontianak, Indonesia, Indonesia
Fitriyan Kurnia  -  Program Studi Biologi, Fakultas IPA dan Kelautan, Universitas OSO, Jl. Untung Suropati No. 99, Pontianak, Indonesia, Indonesia
Riza Linda  -  Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tanjungpura, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kalimantan Barat merupakan wilayah yang memiliki biodiversitas lokal dengan ciri khas alam tersendiri. Beberapa spesies menjadi flora dan fauna identitas daerah, ada yang berpotensi sebagai obat-obatan dan berbagai manfaat lainnya. Pemahaman tentang jenis-jenis dan potensi biodiversitas di Kalimantan Barat masih terbatas di kalangan masyarakat, terutama di kalangan siswa di sekolah. Meskipun para siswa telah mempelajari materi biodiversitas sebelumnya, namun mereka belum memahami konsep biodiversitas tersebut, khususnya biodiversitas lokal yang dimiliki daerah mereka sendiri. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengeksplorasi biodiversitas lokal Kalimantan Barat dan mengenalkan platform biologi sebagai media eksplorasi biodiversitas kepada siswa SMAN 1 Sungai Kakap sebagai target kegiatan ini. Penyampaian materi menggunakan Learning Method, yaitu penyampaian materi secara lisan dan dikombinasikan dengan penggunaan poster edukasi. Berdasarkan hasil Pre-Test dan Post-Test, diketahui bahwa pemahaman siswa tersebut meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata 87,96 (Post-Test) dibandingkan sebelumnya 45,93 (Pre-Test). Selain itu, persentase pemahaman siswa terhadap biodiversitas juga meningkat menjadi 92,59% paham dari 62,96% siswa yang tidak tahu tentang biodiversitas. Hal ini menunjukkan bahwa siswa-siswa tersebut telah memahami konsep biodiversitas dan biodiversitas lokal yang dimiliki daerahnya. Platform biologi sebagai media eksplorasi biodiversitas juga membantu siswa dalam memahami spesies, penyebaran dan potensi biodiversitas yang ada di Kalimantan Barat.
Fulltext View|Download
Funding: Universitas OSO under contract 47/UNOSO.4/PKM/VIII/2024

Article Metrics:

  1. Adriana, A., Sunandar, A., & Qurbaniah, M. (2024). Efektivitas booklet berbasis potensi lokal pada materi keanekaragaman hayati. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10 (2), 138-144
  2. Arrijani, K. (2023). Buku Ajar Biodiversitas. Grobogan: CV. Sarnu Untung
  3. Asan, S. A., Anwari, M. S., Rifanjani, S., & Darmawati, H. (2019). Keanekaragaman jenis ikan di kawasan mangrove Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari
  4. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya. (2023). Kecamatan Sungai Kakap dalam angka 2023. Kubu Raya: Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya
  5. Jompa, J., Koropitan, A. F., Juliandi, B., Suryanegara, L., Muhamad, R., Mumbunan, S., Nasir, S., Sukarna, T. Y., Narita, V., Suyitno, B. M., Supriatna, J., & Marzuki, S. (2019). Sains untuk Biodiversitas Indonesia. Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia
  6. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2018). Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Rangkong Gading (Rhinoplax Vigil) Indonesia 2018-2028. Jakarta: Dirjen Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK
  7. Purnomo, A., Rifanjani, S., & Wahdina. (2017). Sebaran pesut (Orcaella brevirostris) di perairan Kabupaten Kubu Raya dan di perairan Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari, 5 (1), 28-33
  8. Septian, I. (2018). Analisis konsepsi siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMA. Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura
  9. Utami, I., & Budiantoro, A. (2022). Biologi konservasi: Strategi perlindungan keanekaragaman hayati Indonesia. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.