skip to main content

IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI POJOK BACA UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK-ANAK DI DESA TIMBANG LAWAN

*Fitria Elfasari  -  Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya gerakan literasi pojok baca dapat dijadikan alternatif dan pendukung untuk meningkatkan minat baca anak-anak desa timbang lawan. Gerakan literasi pojok baca mendorong anak-anak desa timbang lawan untuk senantiasa haus akan ilmu pengetahuan, menjadikan mereka senang membaca dan akhirnya anak-anak desa timbang lawan memiliki wawasan yang lebih luas dan mendapatkan informasi . Adapun metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini adalah pendekatan yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang alami oleh subjek peneliti. Metode ini mendeskripsikan serta memaparkan apa adanya kejadian objek yang di teleti berdasarkan situasi dan kondisi ketika penelitian dilaksanakan

Article Metrics:

  1. Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
  2. Febdia Pradani, Y., Rozak Umar, M. A., Anggraeni, A. D., & Lestari, Y. P. (2022). Meningkatkan Budaya Literasi di Era Digital Melalui Pojok Baca Lentera Ilmu di Desa Sengguruh. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1203
  3. Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., & Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4153
  4. Fitroh, I., Rosidi, M. I., & Juniarti, G. (2024). Sosialisasi Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Di Smp Negeri 2 Gorontalo. Communnity Development Journal, 5(1), 2468–2473
  5. Melia Anggraeni, & Muhammad Mukhlis. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 313–325. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2355
  6. Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
  7. Smk, D. I., & Bogor, P. (2023). e-ISSN: 2988-3660. 1(2), 82–92
  8. Srimuliati, Saputri, N., Azzahra, A., Asih, S., Alnisa, S. S., & Fatrisya, P. (2024). Pengembangan Budaya Literasi melalui Pojok Baca di SMP Muhammadiyah Langsa. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.172
  9. Susanti, S., & Maulina, I. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Serta Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca Pada Anak Kelompok B Di Tk Aletheia Pontianak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1674–1679. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1089
  10. Umar Mansyur, Sitti Rahmawati, & Muhajir. (2023). Pojok Baca MTs Wihdatul Ulum Bontokassi Kabupaten Gowa sebagai Wujud Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Madaniya, 4(1), 44–53
  11. Wani, B., & Meo, T. D. (2024). semua orang . Dimana dengan membaca kita dapat mengetahui apapun yang ada di dunia banyak kita mendapatkan informasi-informasi yang kita ketahui tentang muka bumi ini . Hal sangatlah penting ( Elendiana , 2020 ). Kemampuan membaca sangat membantu keberhasilan apapun yang mempengaruhi dalam seni kehidupan bermasyarakat ( Harianto , 2020 ). Siswa dalam menyelesaikan masalah dan juga dapat berpikir kritis ( Husanah , 2020 ). dengan usaha terus-menerus pada seorang yang melakukan aktivitas membaca tanpa pengetahuan guna meningkatkan kualitas diri seseorang . Karena dengan membaca aktivitas yang dijalankan dengan penuh ketekunan dan cenderung menetap untuk membangun komunikasi yang bagus dengan diri sendiri agar pembaca dapat menemukan makna tulisan dan informasi ( Aditya , 2018 ). Dengan membaca akan meningkatkan imajinasi. 2, 182–189

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.