skip to main content

SOSIALISASI KONSTRUKSI RAMPING PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN TOL SEMARANG-DEMAK 1B

*Ferry Hermawan orcid scopus publons  -  Department of Civil Engineering, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mempromosikan prinsip konstruksi ramping pada proyek Jalan Tol Semarang-Demak 1B untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi limbah. Mahasiswa dan praktisi proyek melakukan simulasi model VILLEGO selama kegiatan ini. Metode pelaksanaan termasuk pengenalan konsep Last Planner System (LPS), permainan Pull Production System, dan simulasi Villego. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta lebih memahami LPS dan lebih efisien dalam produksi. Dalam simulasi Villego, peserta berhasil menyelesaikan enam siklus dari delapan yang direncanakan, dan hasil evaluasi Percent Plan Complete (PPC) menunjukkan peningkatan efisiensi dan pengurangan limbah. Hasilnya menunjukkan bahwa menerapkan prinsip konstruksi ramping dapat meningkatkan manajemen proyek dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama bagi para praktisi proyek yang bekerja di lokasi kegiatan. Kerangka kerja yang efektif untuk simulasi konstruksi ramping membantu meningkatkan produktivitas, mengurangi keterlambatan proyek, dan mendorong kerja sama tim dan optimalisasi sumber daya. Potensi LPS dalam berbagai konteks konstruksi akan ditingkatkan melalui pengembangan dan aplikasi praktis.

Fulltext View|Download
Funding: Fakultas Teknik-Dana RKAT Batch 2-2024

Article Metrics:

  1. Berawi, M. A., Sari, M., Miraj, P., Mardiansyah, Saroji, G., & Susantono, B. (2023). Lean Construction Practice on Toll Road Project Improvement: A Case Study in Developing Country. Civil Engineering Journal (Iran), 9(12), 3186–3201. https://doi.org/10.28991/CEJ-2023-09-12-016
  2. Fatimah, N. and Hutami, E. (2020). The meaning of land acquisition compensation and its utilization strategy in affected communities in the pejagan-pemalang toll road construction.. Komunitas International Journal of Indonesian Society and Culture, 12(2), 298-307
  3. Hasan, S., Işık, Z., & Demirdöğen, G. (2024). Evaluating the Contribution of Lean Construction to Achieving Sustainable Development Goals. Sustainability (Switzerland) , 16(8). https://doi.org/10.3390/su16083502
  4. Novianto, A., Riantini, L. S., Latief, Y., & Pratama, G. A. (2024). Identifying Significant Policy Barriers for Highway Development in Indonesia. E3S Web of Conferences, 517. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202451705007
  5. Nusriadi, L., Avianti, I., Tanzil, N. D., & Parikesit, D. (2024). The role of good project governance in PPP project for toll road infrastructure in Indonesia. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(4). https://doi.org/10.24294/jipd.v8i4.3259
  6. Pratama, G. A., Latief, Y., & Sihombing, L. B. (2022). A NOVEL ROUGH FUZZY BASED DELPHI METHOD FOR HIGHWAY PROJECTS RISK ANALYSIS: THE SOE ASSIGNMENT SCHEME CASE STUDY. International Journal of GEOMATE, 23(100), 110–117. https://doi.org/10.21660/2022.100.g12137
  7. Tjendani, H. T., Marleno, R., & Subiyantoro, I. (2021). Risk Assessment of Feasibility Study for Toll Road X-Y with Public Private Partnership (PPP) Scheme. Ukarst : Universitas Kadiri Riset Teknik Sipil, 5(1). https://doi.org/10.30737/ukarst.v5i1
  8. Wibowo, M. A., Hatmoko, J. U. D., & Nurdiana, A. (2018). Risk Management in Indonesia Construction Project: A Case Study of a Toll Road Project. In Risk Management Treatise for Engineering Practitioners. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.79457
  9. Wu, X., Zhao, W., Ma, T., & Yang, Z. (2019). Improving the efficiency of highway construction project management using lean management. Sustainability (Switzerland), 11(13). https://doi.org/10.3390/su11133646

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.