skip to main content

PELATIHAN PEMASARAN KOMODITAS LOKAL DAN USAHA RUMAHAN DI KAYEN BERBASIS DIGITAL

Listiarini Edy Sudiati  -  Program Studi S-1 Sistem Informasi, Indonesia
*Daniel Alfa Puryono orcid publons  -  Program Studi S-1 Sistem Informasi, Indonesia
Ninik Haryani  -  Program Studi S-1 Sistem Informasi, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pelaku UMKM di Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah masih menggunakan sistem pemasaran secara manual sehingga produk mereka hanya dikenal melalui mulut ke mulut. Kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Kayen bertujuan melatih pelaku UMKM memasarkan produknya secara digital dan memberikan pelatihan untuk membuat desain logo dan banner agar para penjual memiliki ciri khas tersendiri. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pertama pengenalan tentang digital marketing. Kedua belajar mendesain menggunakan aplikasi Canva dan tahap ketiga tentang registrasi ke aplikasi e-commerce. Manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini pelaku UMKM mampu memasarkan produknya secara digital dan mampu membuat logo sesuai keinginan.

Kata kunci : Pemasaran Digital, Canva, E-Commerce, UMKM

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Hasil cek plagiasi
Subject
Type Research Instrument
  Download (2MB)    Indexing metadata

Article Metrics:

  1. Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
  2. Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
  3. Yahya, F., Hermansyah, Syafruddin, Fitriyanto, S., & Musahrain. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Kelompok Pemuda Kreatif Desa Gontar Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 114–118. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1858/1254
  4. Rambe, S. S. U. (2022). Pengembangan Ekonomi Lokal Komoditas Buah Naga di Kabupaten Banyuwangi. In Prosiding Seminar Nasional Planoearth (Vol. 3, pp. 21-26)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.