skip to main content

Perencanaan Struktur Renovasi Masjid Darussalam Semarang dengan Structure Analysis Program

*Moh Nur Sholeh orcid scopus  -  Diponegoro University, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Jurnal Pengabdian Vokasi

Citation Format:
Abstract
Masjid selain sebagai tempat beribadah umat Islam juga dapat digunakan sebagai sarana penyaluran zakat, kajian bahkan diskusi tentang ekonomi dan sosial kemasyarakatan. Sebagai tempat yang banyak fungsinya maka baik kegiatan dan sarana prasarana perlu ditingkatkan. Saat ini Masjid Darussalam hanya mampu menampung sekitar 350 jamaah, sedangkan jumlah jamaah sudah mencapai 500 jamaah Masjid Darussalam dirasakan kecil saat shalat jumat, shalat tarawih dan shalat ied. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mendapatkan desain rencana yang memenuhi syarat teknis guna memberikan rencana struktur yang baik pada Masjid Darussalam. Metode penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dilakukan dalam beberapa tahap yaitu survei lapangan dan pembuatan desain renovasi masjid dengan software Structure Analysis Program (SAP2000). Dengan diadakannya kegiatan ini, maka takmir dapat menyampaikan ke jamaah dan warga setempat tentang hasil perhitungan struktur dan gambaran rencana renovasi masjid.
Fulltext View|Download
Keywords: renovasi, masjid, SAP2000

Article Metrics:

  1. Sabaruddin, A. (2011). AZ Persyaratan Teknis Bangunan. Griya Kreasi
  2. Adriansyah, A., & Trikomara, R. (2014). Estimasi Biaya Pemeliharaan Bangunan Berdasarkan Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung (Permen Nomor: 24/PRT/M/2008) (Studi Kasus Bangunan Masjid Islamic Center Bangkinang) (Doctoral dissertation, Riau University)
  3. Zulfa, M. Z. M. (2015). Transformasi Dan Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid: Studi Pada Masjid Nurussa’adah Salatiga. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(1), 257-278
  4. SNI 1727:2013 tentang Beban Minimum untuk Perencanaan Bangunan Gedung dan Struktur Lain
  5. Sholeh, M. N. (2019). Mekanika Rekayasa Ilmu Dasar Teknik Sipil. Deepublish

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.