skip to main content

DESAIN KONSTRUKSI BAR KEEL PADA KAPAL KAYU NELAYAN

Sulaiman Sulaiman  -  Diponegoro University, Indonesia
Solichin Djazuli Said  -  Diponegoro University, Indonesia
*Samuel Febriary Khristyson  -  Diponegoro University, Indonesia
Indro Dwi Cahyo  -  Diponegoro University, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Jurnal Pengabdian Vokasi

Citation Format:
Abstract
Kayu dapat dikatakan sebagai material komposit yang cukup baik. Pembuatan kapal nelayan berbahan kayu bertujuan untuk menekan biaya produksi dan perawatan kapal kayu lebih ekonomis. Kapal kayu nelayan memiliki jenis konstruksi dasar tunggal pada lambungnya sehingga digunakan konstruksi lunas batang / bar keel. Pada prakteknya para nelayan dan pengusaha perikanan nelayan terkadang memiliki permasalahan dalam perawatan  kapalnya. Untuk membantu menjawab permasalahan para nelayan, maka itu dirancang desain konstuksi lunas batang / bar keel berbahan plat sebagai pengganti kayu pada kapal kayu nelayan. Metode digunakan adalah Metode Elemen Hingga (Finite Element Method) merupakan salah satu bentuk metode aproksimasi yang secara umum digunakan menyelesaikan suatu persamaan diferensial parsial sacara numerik dalam analisis struktur. Berdasarkan hasil analisa desain konstruksi bar keel pada kapal kayu nelayan didapatkan hasil tegangan maksimum 52,85 N/mm2 dengan beban konstruksi dan dua lapisan kulit kayu, pada node 629 yang berada hampir mendekati ujung lunas buritan kapal.Sedangkan lendutan maksimum terjadi pada area midship dengan nilai 0,026 mm. Tegangan ini masih dalam kondisi aman karena setelah dibandingkan dengan tengangan ijin rules BKI menghasilkan nilai safety factor sebesar 7,57.
Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Nelayan, Analisa Kekuatan, Batang Lunas
Funding: Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.