UPAYA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN AGAR BERNILAI EKONOMI

*Ratih Widiastuti -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Intan Muning Harjanti -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Anggun Puspitarini Siswanto -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 4 Jun 2019; Published: 12 Jun 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 51 51
Abstract
Budidaya sayur-sayuran merupakan salah satu peluang bisnis bagi petani, karena komoditi sayur-sayuran dapat diusahakan dan dilakukan oleh sebagian besar rumah tangga petani baik untuk konsumsi keluarga maupun untuk dijual. Desa Samiran merupakan salah satu desa yang berada di antara kaki Gunung Merapi dan Merbabu di Kabupaten Boyolali. Saat ini Desa Samiran terus melakukan upaya pembangunan masyarakat melalui pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa. Permasalahan yang terjadi pada Desa Samiran adalah kegiatan budidaya sayur-sayuranmasih dilakukan terbatas dilahan-lahan pertanian yang umumnya berada di lereng-lereng gunung. Sedangkan lahan pekarangan disekitar rumah mereka hanya dibiarkan terbengkalai.Hal ini sebagai akibat karena, minimnya pengetahuan dan keterbatasan dalam hal penguasaan teknologi, mengakibatkan kurang berdayanya masyarakat tani dalam mengusahakan dan mengembangkan lahan pekarangan rumah sebagai tempat bertanamam tanaman sayur-mayur.Akibatnya, lahan pertanian menjadi sakit dan semakin miskin hara serta produktivitasnya semakin rendah. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat petani di dalam pengelolaan lahan pekarangan khususnya untuk kegiatan pertanian sayur-mayur yang nantinya dapat membantu di dalam peningkatan ekonomi masyarakat.
Keywords
Desa Samiran; pertanian sayur-mayur; pengembangan lahan pertanian; pengabdian masyarakat

Article Metrics:

  1. Yoeti, O., Pengantar Ilmu Pariwisata, Penerbit Angkasa, Bandung, 1996.
  2. Wiendu, N., Concept,Perspective and Challenges, Konferensi Internsional Mengenal Pariwisata Budaya, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, 1993.
  3. http://www.radarplanologi.com/2015/10/desa-wisata-dalam-konteks-industri-pariwisata.html. Diakses pada 17 November 2018.
  4. https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2013/12/17/desa-wisata-samiran-selo-boyolali-jawa-tengah/. Diakses pada 17 November 2018.