skip to main content

PENDAMPINGAN PSIKOLOGIS BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19

*Sri Sumarni orcid scopus  -  Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
Dhita Aulia Octaviani  -  Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
Elisa Ulfiana  -  Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Covid-19 (coronavirus disease 2019) adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus, yaitu severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2), yang juga sering disebut virus corona. Dalam keadaan pandemi Covid-19 tentu banyak sekali dampak yang dialami oleh masyarakat karena banyak dari masyarakat yang dirumahkan karena pengurangan karyawan ditempat kerja dan banyak ibu-ibu yang mengeluh cemas dan pusing dengan keadaan anak yang mengikuti school from home, adanya fenonema tersebut maka diperlukan upaya pendampingan psikologis di era pandemi Covid-19.

Tujuan dari Pengabdian masyarakat ini adalah pemberdayaan masyarakat dengan upaya preventif dan promotif dalam meningkatkan kesehatan baik fisik maupun psikologis di musim pandemic Covid-19 yaitu dengan mengadakan pengabdian masyarakat dengan judul Pendampingan Psikologi bagi Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19. Pengabdian masyarakat ini merupakan penerapan protokol kesehatan di era pandemic Covid-19 dan pemberian edukasi. Sasaran Pengabdian masyarakat adalah ibu kader kesehatan, ibu pkk, tokoh masyarakat dan petugas kelurahan pudakpayung.

Hasil pada pengabdian kepada masyarakat ini adalah ada perbedaan kecemasan sebelum dan sesudah dilakukan pendampingan dengan nilai p value 0,0001. Nilai rata-rata penurunan kecemasan sasaran setelah dilakukan pendampingan mengalami penurunan 6,83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendampingan dapat menurunkan kecemasan pada masyarakat dampak Covid-19 yang terjadi di masyarakat Desa Pudakpayung Kecamatan Banyumanik.

Fulltext View|Download
Keywords: Pendampingan, Psikologis, Covid-19

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.