PENGARUH PERTUMBUHAN KREDIT, EFISIENSI OPERASIONAL, DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI KECAMATAN BANJARANGKAN, KLUNGKUNG, BALI

*Ni Nyoman Ayu Dewi Sukariani  -  Udayana University, Indonesia
I Nyoman Gede Ustriyana  -  Udayana University, Indonesia
Ida Ayu Listia Dewi  -  Udayana University, Indonesia
Received: 15 Apr 2019; Published: 30 Nov 2019.
Open Access Copyright 2019 Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 224 177
Abstract

Pengembangan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) dalam mendukung pembangunan nasional salah satunya adalah melalui LPD Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali. Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kontinuitasnya, LPD juga memerlukan kinerja keuangan yang handal. Hal itu sejalan dengan prinsip keuangan berkelanjutan yang menekankan upaya agar laba usaha atau profitabilitas dapat ditingkatkan.


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan kredit (LDR), efisiensi operasional (BOPO), dan kecukupan modal (CAR) terhadap profitabilitas (ROA) LPD di tahun 2015-2017. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sensus, dan  diperoleh 20 LPD. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, efisiensi operasional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, dan kecukupan modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas LPD di Kecamatan Banjarangkan, Klungkung Bali periode 2015-2017.

Keywords: BOPO, CAR, LDR, ROA

Article Metrics:

  1. Mahardika, Dewa Putra Khrisna., Farida Titik Kristanti, dan Alfian Agus Putranto. 2017. Capital Adequacy Ratio, Loan Deposit Ratio dan Non Performing Loan terhadap Profitabilitas. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Telkom.
  2. Mawardi, Wisnu. 2004. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Dengan Total Asset Kurang Dari 1 Trilyun). Jurnal. Universitas Diponegoro.
  3. Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 11 Tahun 2013 tentang Lembaga Perkreditan Desa. https://jdih.baliprov.go.id. Diakses pada 13 Oktober 2018.
  4. Prasnugraha P, Ponttie. 2007. Analisis Pengaruh Rasio-rasio Keuangan terhadap Kinerja Bank Umum di Indonesia (Studi Empiris Bank-Bank Umum yang Beroperasi di Indonesia. Tesis. Program Studi Magister Sains Akutansi Program Pasca Sarjana. Universitas Diponegoro. Semarang.
  5. Sasongko, Ita Ari. 2014. Analisis Pengaruh Risiko Kredit, Perputaran Kas, Likuiditas, Tingkat Kecukupan Modal, dan Efisiensi Operasional terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI periode 2007-2013. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.
  6. Sigid, Ahmad. 2014. Analisis Pengaruh Kredit dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Profitabilitas pada Bank Umum Milik Pemerintah. Skripsi Jurusan Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.
  7. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfab