PEMASARAN SAPI POTONG DI DESA LOBUK KABUPATEN SUMENEP

Maulinda Agustin  -  Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
*Mardiyah Hayati  -  Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Received: 27 Mar 2019; Published: 13 May 2020.
Open Access Copyright 2020 Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0

Citation Format:
Abstract
Sapi Madura dikenal sebagai plasma nutfah yang dilindungi dan dipertahankan kemurniannya di Pulau Madura. Sapi Madura dilakukan perkawinan silang yang dikenal dengan sapi silangan Madrasin (Madura Limousin). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemasaran sapi potong berdasarkan Struktur, Perilaku dan Penapilan Pasar di Desa Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Metode analisis data yang digunakan untuk struktur pasar adalah deskriptif kualitatif yaitu jumlah pelaku pasar dan hambatan keluar masuk pasar dan deskriptif kuantitatif menggunakan analisis Pangsa Pasar (Market Share) dan Indeks Hirschman Herfindahl (IHH), untuk perilaku pasar secara deskriptif kualitatif dengan mengetahui saluran, lembaga dan fungsi pemasaran. Penampilan pasar menggunakan analisis Marjin Pemasaran dan Farmer’s Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Struktur pasar pada pemasaran sapi potong di Desa Lobuk mengarah pada pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar oligopoli. 2. Berdasarkan analisis perilaku pasar menunjukkan sudah efisien karena hanya terdapat dua saluran pemasaran dan melibatkan satu lembaga pemasaran yaitu pedagang. 3. Untuk penampilan pasar sudah efisien karena distribusi marjin hanya diterima oleh pedagang dan share yang diterima peternak cukup besar yaitu >50 persen.
Keywords: Sapi Potong; Struktur Pasar; Perilaku Pasar; Penampilan Pasar

Article Metrics:

  1. Kasim, S, N., S, N, Sirajuddin., Irmayani. 2011. Strategi pengembangan usaha sapi perah di Kabupaten Enrekang. Jurnal Agribisnis. Vol. X. No. 3 : 81–97.
  2. Sekjen Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian. (2016). Outlook Daging Sapi Komoditas Pertanian Subsektor Peternakan.
  3. Dinas Peternakan Jawa Timur. 2016. Populasi Ternak Besar menurut Kabupaten/Kota.
  4. Hoddi, A, H., M, B, Rombe., Fahrul. 2011. Analisis Pendapatan Peternakan Sapi Potong di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Agribisnis. Vol X. No. 3 : 98–109.
  5. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sumenep. 2017.
  6. Kutsiyah, Farahdillah. 2012. Analisis pembibitan sapi potong di pulau madura. Wartazoa. Vol. 22. No. 3 : 113–126.
  7. Dewi, Novia., Jum’atri, Yusri., Ari, Jolanda, Saputra. 2017. Analisis Struktur Perilaku Dan Kinerja Pasar (Structure, Conduct And Market Performan) Komoditi Padi Di Desa Bunga Raya Dan Desa Kemuning Muda Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak. Jurnal Agribisnis. Vol. 19. No. 1.