ANALISIS TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN PADA KOPERASI GARDU TANI DI DESA KETAPANG, KECAMATAN SUSUKAN, KABUPATEN SEMARANG

*Bunga Anadesta Hanri Putri -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Bambang Trisetyo Eddy -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Tutik Dalmiyatun -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 6 Feb 2018; Published: 10 Nov 2018.
Open Access Copyright 2019 Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 194 237

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasaan anggota koperasi terhadap pelayanan Koperasi Gardu Tani di Paguyuban Al-Barokah, Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - Oktober 2017 di Paguyuban Al-Barokah, Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survai. Metode dalam penentuan lokasi penelitian adalah secara purposive, pemilihan responden dilakukan secara acak (Simple Random Sampling), sedangkan jumlah responden yang ditentukan 77 orang menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis IPA (Important Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Berdasarkan analisis IPA, atribut yang masih perlu ditingkatkan koperasi seperti kelengkapan fasilitas koperasi (Atribut Bukti Nyata), ketepatan waktu dalam mendapatkan uang hasil penjualan (AtributKehandalan), ketrampilan atau pengetahuan pengurus (Atribut Jaminan), sanksi untuk anggota yang tidak mematuhi peraturan koperasi (AtributDaya t) dan bantuan sosial seperti biaya rumah sakit bila ada anggota yang sakit (Dimensi Perhatian). Sedangkan berdasarkan perhitungan, CSI keseluruhan mencapai nilai77,40 % dalamrentangskala61-80 % sehingga dapat dikatakan anggota merasa puas terhadap kinerja yang diberikan koperasi.

Kata Kunci : Kepuasan Anggota; Important Performance Analysis(IPA); Customer Satisfaction Index (CSI).

Article Metrics:

  1. Aryani, D. dan Febrina, R. 2011.Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loya litas Pelanggan. J. Ilmu Administrasi dan Organisasi. 17 (2): 114-126.
  2. Fandy, T dan G. Chandra. 2012. Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima. Edisi II Andi, Yogyakarta.
  3. Fandy. 2005. Service Quality and Satisfaction. Andi, Yogyakarta.
  4. Farah, M. 2003. Tinjauan Persepsi Manajemen Terhadap Struktur Modal Perusahaan Go Public. J. Media Riset Bisnes dan Manajemen. 3 (1): 98-115
  5. Irawan, H. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
  6. Lodhita, H.E. 2014. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index) Case Study On Toko Oen, Malang. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.
  7. Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Edisi III, Salemba Empat: Jakarta.
  8. Riani, E. D. 2007. Kinerja Koperasi berdasarkan Kep.Men.No.129/KEP/M/ KUKM/XI/2002, Hambatan, Permasalahan dan Implementasinya (Studi Kasus pada Koperasi Pegawai RI Se-Kabupaten Pemalang.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.
  9. Ropke, J. 2000. Ekonomi Koperasi. Salemba Empat: Jakarta.
  10. Singarimbun, M dan S. Efendi.2006.Metode Penelitian Survai. Jakarta (ID): Penerbit Strategi Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN-JP. Gramedia, Jakarta.
  11. Siswono A., Sriroso Sdan B. M. Setiawan. 2017. Pengaruh karakteristik penyuluh, kondisi kerja,motivasi terhadap kinerja penyuluh pertaniandan pada perilaku petani padi di Kabupaten Rembang. J. Agrisocionomics.1(2):159-173.
  12. Subagyo, A. 2010.Marketing In Business Studi Kasus UMK & LKM (UsahaMikro Kecil & Lembaga Keuangan Mikro).EdisiI. Mitra Wacana Media, Jakarta.
  13. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
  14. Sunarto. 2006.Manajemen Koperasi. Amus, Yogyakarta.
  15. Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. PT. RinekaCipta.
  16. Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga.Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Umar, H. 2003. Riset Pemasaran dalam Perilaku Konsumen. PT Gramedia Utama, Jakarta.
  18. Wayan, A. P, 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Pizza Hut Gatot Subroto Denpasar. J. Forum Manajemen. 6 (2): 43-55